Wednesday, November 4, 2020

Kerja Keras dan Mandiri

Kerja Keras dan Mandiri 


MATERI 1 

Pengertian Kerja Keras

    Kerja keras adalah kegiatan yang dikerjakan secara sungguh-sungguh tanpa mengenal lelah atau berhenti sebelum target kerja tercapai dan selalu mengutamakan atau memperhatikan kepuasan hasil pada setiap kegiatan yang dilakukan. Kerja keras dapat diartikan bekerja mempunyai sifat yang bersungguh-sungguh untuk mencapai sasaran yang ingin dicapai. Mereka dapat memanfaatkan waktu optimal sehingga kadang-kadang tidak mengenal waktu, jarak, dan kesulitan yang dihadapainya. Mereka sangat bersemangat dan berusaha keras untuk meraih hasil yang baik dan maksimal. 

    Secara istilah, kerja keras memiliki makna semangat yang berkobar, memiliki kemampuan dan kemauan besar. Semua akan dilakukan secara sungguh-sungguh untuk mencapai hasil maksimal. Bekerja adalah suatu aktivitas agar manusia bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Setiap individu dapat meraih prestasi kerja, jika pekerjaannya ia lakukan secara sungguh-sungguh dan pantang menyerah. Pekerjaan pun senantiasa harus dilakukan dengan penuh semangat agar mencapai hasil terbaik.


Cara Membiasakan Perilaku Kerja Keras

Agar terbiasa bekerja keras dalam mengerjakan sesuatu, lakukanlah beberapa hal berikut ini.

  1. Bekerja harus dilandasi niat yang baik. Niatkan untuk beribadah kepada Allah swt.
  2. Awali suatu pekerjaan dengan menyebut nama Allah.
  3. Kerjakan dengan sepenuh hati dan sungguh-sungguh.
  4. Akhiri dengan menyebut nama Allah.Serahkan segalanya kepada Allah swt ( Tawakal ) .


Dalil Naqli

Dalam Al Quran banyak sekali kata yang memilikiarti bekerja. Perintah untuk bekerja terdapat dalam Al Quran surat Al Qashah ayat 77


وَٱبْتَغِ فِيمَآ ءَاتَىٰكَ ٱللَّهُ ٱلدَّارَ ٱلْءَاخِرَةَ ۖ وَلَا تَنسَ نَصِيبَكَ مِنَ ٱلدُّنْيَا ۖ وَأَحْسِن كَمَآ أَحْسَنَ ٱللَّهُ إِلَيْكَ ۖ وَلَا تَبْغِ ٱلْفَسَادَ فِى ٱلْأَرْضِ ۖ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ ٱلْمُفْسِدِينَ

Artinya : “Dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuatbaiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan.” (Al-Qashash Ayat 77)


Terdapat nasihat yang sangat berguna dari ayat diatas, yaitu agar hidup secara seimbang dengan mengutamakan kebahagiaan akhirat dan juga merengkuh kehidupan dunia yang sesuai dengan ridha Allah. Jnagan hidup seperti qarun, tokoh serakah dan pengejar harta yang diceritakan dalam Al Quran. 



MATERI 2

Kerja keras adalah berusaha atau berjuang dengan keras atau bersungguh - sungguh dalam mengerjakan sesuatu untuk mencapai suatu tujuan, sedangkan menurut Islam kerja keras adalah bekerja atau bersungguh - sungguh untuk mencapai tujuan atau prestasi kemudian disertai dengan doa dan berserah diri kepada Allah SWT.

Adapun manfaat dari bekerja keras adalah sebagai berikut:

Kita bisa membantu mengembangkan potensi diri
Membentuk pribadi yang senantiasa selalu bertanggung jawab
Dapat meningkatkan taraf hidup dan juga kesejahteraan
Mampu mencukupi kebutuhan hidup
Mampu mengangkat harga dan martabat hidup

Perilaku yang mencerminkan bekerja keras :
Bersungguh-sungguh dalam mengerjakan sesuatu agar meraih hasil yang maksimal.
Menjalankan sebaik-baiknya tugas yang menjadi tanggung jawabnya.
Mengerjakan suatu tugas selalu tepat waktu.

Hikmah Bekerja Keras :
Mengembangkan kemampuan diri, baik bakat, minat ataupun hal lain.
Membentuk diri yang bertanggung jawab dan disiplin.
Mengangkat derajat dan martabat.
Meningkatkan taraf hidup.
Mendapat pahala dari Allah SW


No comments:

Organisasi Otonom Muhammadiyah

  MATERI 1  Organisasi Otonom Muhammadiyah Organisasi otonom Muhammadiyah terdiri dari 7 bagian, yakni Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Nasyia...