Saturday, April 4, 2020

Tata Cara Sholat Jamak dan Qasar


Tata Cara Sholat Jamak dan Qasar 

MATERI 1

Pengertian Sholat Jamak
    Kata jama’ dari bahasa arab berarti mengumpulkan atau menggabungkan. Hukum shalat jama’ adalah boleh bagi orang-orang dalam kondisi tertentu (sulit) seperti perjalanan jauh atau musafir. Menjamak adalah keringanan yang diberikan oleh Allah kepada hambanya untuk melakukan ibadah setiap saat dalam kondisi tertentu.
    Pengertian shalat jamak yaitu meringkas dua waktu shalat dalam satu waktu. Tetapi tidak setiap perjalanan yang ditempuh bisa melakukan jamak karena ada ketentuan-ketentuan yang membolehkan seseorang melakukan sholat jamak. Pasalnya, ada syarat-syarat sebelum diperbolehkan melakukan shalat jamak. 

Sebab diperbolehkan shalat jama’
Berikut ini beberapa contoh adanya masyaqqah sehingga diperbolehkan untuk menjamak shalat :
  • Sedang bepergian jauh atau musafir, yang kesulitan untuk beribadah dalam perjalanan.
  • Selesai shalat Magrib di masjid, hujan turun sangat deras dan diperkirakan lama. Sehingga ada kesulitan kalau jamaah kembali lagi ke masjid untuk shalat Isya. Dalam kondisi ini, imam boleh menjamak shalat Magrib dengan Isya.
  • Ada orang yang terkena penyakit sehingga orang tersebut boleh jamak, karena adanya masyaqqah.
  • Seseorang masih berada di rumahnya ketika shalat Zuhur dan hendak berangkat safar bersama rombongan. Diperkirakan, ketika waktu shalat Ashar habis, dia masih berada di tengah perjalanan. Orang tersebut diperbolehkan menjamak shalat, karena adanya masyaqqah untuk shalat Ashar sesuai dengan waktunya.
MATERI 2

Shalat Yang Boleh di Jamak
    Pengertian sholat jamak adalah menghimpun dua sholat fardhu dalam satu waktu tanpa mengurangi jumlah rakaatnya. Sholat jamak terbagi menjadi dua yakni Taqdim (memajukan sholat fardhu ke awal waktu), dan takhir (mengakhirkan sholat fardhu ke waktu yang akan datang).
    Adapun, sholat yang boleh dijamak adalah Jamak Taqdim, yakni sholat Ashar dikerjakan pada waktu Dzuhur dan Sholat Isya dikerjakan pada waktu Magrib. Kemudian, Jamak Takhir yakni sholat Dzuhur yang dikerjakan di waktu Ashar dan sholat Magrib yang dikerjakan di waktu Isya.

Dalil yang Melandasi Sholat Jamak
Dalil yang menjadi landasan dalam melaksanakan dan cara menjamak sholat jamak adalah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Al-Turmudzi dari sahabat Mu’adz. Mengutip dari publikasi oleh uinsuska.ac.id, dalil-dalil tersebut berbunyi:

"Dari Muadz bin Jabal, bahwasannya Nabi SAW dalam perang tabuk, apabila beliau berangkat sebelum tergelincir matahari, beliau menta’khirkan shalat Zhuhur hingga beliau kumpulkan dengan shalat Ashar, beliau gabungkan keduanya (Zhuhur dan Ashar) waktu Ashar, dan apabila berangkat sesudah tergelincir matahari, beliau kerjakan shalat Zhuhur dan Ashar sekaligus, kemudian beliau berjalan. Dan apabila beliau berangkat sebelum Maghrib, beliau menta’khirkan Maghrib hingga beliau melakukan shalat Maghrib beserta Isya’ dan apabila beliau berangkat sesudah waktu Maghrib beliau segerakan shalat Isya’ dan beliau menggabungkan shalat Isya’ bersama Maghrib." (HR. Abu Daud).


9 comments:

nur hadi said...

Pengertian shalat jamak yaitu meringkas dua waktu shalat dalam satu waktu

nur hadi said...

CONTOH :
HADI - Tata cara sholat jamak sangat mudah dipahami, yakni dengan menggabungkan sholat Dzuhur dan Ashar, begitu pula sholat jamak antara sholat Maghrib dan sholat ‘Isya. Sedangkan, sholat Subuh tidak boleh dijamak.

Unknown said...

Shalat jamak adalah salat yg dilakukan 2 sholat dlm 1 waktu

Unknown said...

Dan 1.jamak takdim 2 solat dlm waktu pertama
2.jamak takhir adalah 2 solat dlm waktu kedua

Unknown said...

Indah kusuma setiani:
Kelas 7 IBRAHIM :
Shalat jamak adalah shalat yang dilaksanakan dengan mengumpulkan 2 shalat dalam satu waktu. Shalat jamak ada shalat jamak takdim. Shalat qasar adalah istilah fikih yang mengisyaratkan kepada hukum

Unknown said...

Firda Azzukhruf
klass 7 ibrahim

Sholat jamak adalah meringkas 2 waktu sholat dalam satu waktu dengan ketentuan tertentu

Unknown said...

Shalat jamak adalah salat yg dilakukan 2 sholat dlm 1 waktu

Unknown said...

Firda Azzukhruf
klass 7 ibrahim

Sholat jamak adalah meringkas 2 waktu sholat dalam satu waktu dengan ketentuan tertentu

Unknown said...

Sholat juga merupakan tiang agama Islam dan juga bukti seorang mukmim dan muslim taat kepada Allah SWT

Organisasi Otonom Muhammadiyah

  MATERI 1  Organisasi Otonom Muhammadiyah Organisasi otonom Muhammadiyah terdiri dari 7 bagian, yakni Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Nasyia...