Sunday, April 5, 2020

Pengertian Disiplin dan Macam-macam Disiplin

Pentingnya membiasakan disiplin dalam kehidupan kita


Pengertian Disiplin
Disiplin adalah rasa taat dan patuh terhadap nilai yang dipercata dan menjadi tanggung jawabnya. Dengan kata lain disiplin adalah patuh terhadap peraturan atau tunduk pada pengawasan dan pengendalian. Tanpa ada suatu peraturan maka tidak akan tercapai suatu kedisiplinan. Sedangkan pendisiplinan adalah sebuah usaha yang dilaksanakan untuk menanamkan nilai atau pemaksaan supaya subjek mentaati sebuah peraturan. Disiplin merupakan sikap yang selalu tepat janji, sehingga orang lain percaya karena modal seseorang dalam wirausaha adalah mendapat kepercayaan dari orang lain.
Untuk mencapai suatu keberhasilan seseorang harus mulai hidup disiplin. Kedisiplinan dimulai sejak dari kecil agar disaat dewasa seseorang sudah terbiasa dengan hidup disiplin tanpak dipaksakan suatu keadaan atau kondisi. Kedisiplinan dimulai dari lingkungan keluarga, kemudian lingkungan sekolah dan lingkungan desa atau masyarakat sekitar.
Islam memerintahkan umatnya untuk selalu konsisten terhadap peraturan Allah SWT yang telah ditetapkan. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dala Al Quran surat Huud ayat 112 :

فَاسْتَقِمْ كَمَا أُمِرْتَ وَمَنْ تَابَ مَعَكَ وَلَا تَطْغَوْا ۚ إِنَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Artinya: “Maka tetaplah kamu pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah taubat beserta kamu dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan”. (Huud ayat 112)
Dari ayat tersebut menunjukkan bahwa disiplinbukan hanya tepat waktu saja tetapi juga patuh terhadap peraturan-peraturan yang ada. Melaksanakan segala yang diperintahkan serta menjauhi segala larangan-Nya. Disamping itu juga melakukan perbuatan tersebut secara teratur dan terus menerus meskipun hanya sedikit.



Macam-macam Disiplin
Disiplin Dalam Menggunakan Waktu
Disiplin dalam menggunakan waktu maksudnya kita dapat menggunakan waktu untuk hal-hal yang bermanfaat, membagi waktu dengan baik, mana yang harus diutamakan dan mana yang harus di tinggalkan. Dengan dapatnya kita menghargai waktu maka akan terciptalah suatu kedisiplinan dalam kehidupan kita. Kita diharapkan dapat menggunakan dan membagi waktu dengan baik. Karena waktu sangat berharga dan salah satu kunci kesuksesan adalah dengan bisa menggunakan waktu sebaik mungkin.

Disiplin Dalam Beribadah
Adalah senantiasa beribadah dengan aturan-aturan yang terdapat didalamnya. Pengertian yang lebih luas dalam ajaran Islam, ibadah berarti tunduk dan merendahkan diri hanya kepada Allah yang disertai dengan perasaan cinta kepada-Nya. Kedisiplinan disini sangat diperlukan, Allah SWT senantiasa menganjurkan hamba-Nya untuk disiplin.
Dalam ibadah mahdah (disebut juga ibadah khusus) aturan-aturannya tidak boleh semaunya akan tetapi harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkanoleh Allah dan Rasul-Nya. Dalan ibadah ghaira mahdah (disebut ibadah umum) orang dapat menentukan aturannya yang terbaik, kecuali yang jelas dilarang oleh Allah SWT. Tentu suatu perbuatan dicatat sebagai ibadah kalau niatnya ikhlas. 

Disiplin Dalam Masyarakat
Disiplin dimasyarakat memang harus dilaksanakan. Karena dimasyarakatlah mulainya proses interaksi antara seseorang dengan orang lain. Jika kita tidak disiplin dirumah maka kita juga akan tidak disiplin dimasyarakat. Disinilah orang akan menilai perilaku kita. Dengan mengikuti segala aturan yang ada didalam masyarakat berarti kita sudah disiplin dimasyarakat.
Di masyarakat biasanya tidak ada aturan tertulis. Aturan masyarakat berbentuk norma sopan santun. Baik dan buruk menurut kebiasaan masyarakat. Berikut contoh aturan dimasyarakat, Menjaga kebersihan lingkungan, Menjaga keamanan lingkungan, tidak mengganggu tetangga, membuang sampah pada tempatnya, dan tidak melanggar tata tertib masyarakat.

Disiplin Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara
Negara merupakan alat untuk memperjuangkan keinginan bersama berdasarkan kesepakatan yang dibuat oleh para anggota atau warga negara tersebut. Tanpa adanya masyarakat yang menjadi warganya, negara tidak akan terwujud. Sebagai warga masyarakat yang baik juga patuh kepada aturan pemerintah misalkan disiplin dalam membayar pajak tepat waktu, mengikuti upacara adat dengan tenangdan tertib, mengikuti peraturan sebagai warga negara indonesia yang taat serta banyak contohnya.

5 comments:

- said...

Disiplin adalah rasa taat dan patuh terhadap nilai yang dipercata dan menjadi tanggung jawabnya

NoName said...

Disiplin adalah rasa taat dan patuh pada aturan dan nilai2 yang dipercaya

Anonymous said...

Disiplin

Unknown said...

Untuk mencapai suatu keberhasilan seseorang harus mulai hidup disiplin

Unknown said...

Firda - disiplin adalah rasa taat dan patuh terhadap nilai yg dipercatat dan menjadi tanggung jawabnya

Organisasi Otonom Muhammadiyah

  MATERI 1  Organisasi Otonom Muhammadiyah Organisasi otonom Muhammadiyah terdiri dari 7 bagian, yakni Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Nasyia...