Saturday, April 4, 2020

Macam-macam Puasa Sunah Dalam Agama Islam

Puasa sunah dalam agama Islam

Pengertian Puasa Sunah
Puasa sunah atau juga di sebut puasa tathawwu' adalah menurut ajaran Islam merupakan salah satu bagian ibadah sunnah yang dilakukan untuk mendapatkan cinta atau kasih sayang Allah SWT. Secara hukum fikih puasa sunah bersifat anjuran. Puasa sunnah adalah amalan yang dapat melengkapi kekurangan amalan wajib. Selain itu pula puasa sunnah dapat meningkatkan derajat seseorang menjadi wali Allah yang terdepan (as saabiqun al muqorrobun). Menurut ajaran Islam puasa sunnah merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan karena banyak sekali manfaatnya. Ada beberapa puasa sunah yang dilaksanakan Rasulullah diantaranya adalah :

Puasa Senin Kamis
Senin dan kamis merupakan dua nama hari dalam kalender Hijriyah dan Masehi. Namun hari itu memiliki keistimewaan tersendiri, karena pada hari itu Rasulullah Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk melaksanakan puasa sunnah pada hari-hari itu. Puasa Senin dan Kamis adalah puasa yang paling sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.
Hari senin dan kamis adalah hari dimana Rasulullah dilahirkan, hari diutus, dan dihari itu wahyu diturunkan. Sedangkan pada hari kamis semua amal ibadah umat manusia dikumpulkan dihadapan Allah oleh para malaikat.

Puasa Arafah
Puasa 'Arafah adalah puasa pada Hari Arafah, yaitu hari kesembilan dari bulan Dzulhijjah. Puasa ini sangat dianjurkan bagi umat muslim yang tidak pergi haji, karena sebagaimana dikatakan dalam sekian banyak hadits, puasa 'arafah dapat menghapuskan dosa selama dua tahun.
Puasa Arafah adalah puasa pada Hari Arafah, yaitu hari kesembilan dari bulan Dzulhijjah atau satu hari menjelang hari raya Idul Adha. Puasa ini sangat dianjurkan bagi umat muslim yang tidak pergi haji, adapun bagi yang sedang menunaikan ibadah haji puasa Arafah tidak boleh dikerjakan. Keutamaan puasa Arafahsesuai dalam hadits : "Puasa hari arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang telah lalu dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapus dosa setahun yang lalu," dikutip HR Muslim.
Puasa Asyura
Hari ‘Asyura berasal dari bahasa arab yang artinya hari ke sepuluh di bulan Muharram. Hari tersebut memiliki keistimewaan tersendiri di dalam Islam. Nabi Muhammad saw. biasa berpuasa pada hari itu dan memerintahkan umatnya untuk melakukan hal serupa.
Berbicara soal Hukum puasa Asyura adalah sunah. Meski demikian, puasa Muharram atau puasa asyura ini adalah puasa sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam. Manfaat dari puasa Asyura adalah akan menghapus dosa setahun yang lalu.
Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam mendorong kita melakukan puasa pada bulan Muharram sebagaimana sabdanya,
"Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah – Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam." (HR. Muslim dari Abu Hurairah).

Puasa Syawal
Puasa Syawal adalah berpuasa 6 hari di bulan Syawal setelah berakhirnya puasa Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Puasa syawal ini adalah ujian pertama setelah kita menyelesaikan latihan menahan diri sebulan penuh di waktu Ramadhan, setelah kebebasan dilepas - yang haram kembali dihalalkan.
Untuk melaksanakan puasa syawal tidak disyaratkan dilakukan berturut-turut, sehingga boleh saja dilakukan langsung setelah berbuka (pada hari raya) atau terpisah antara keduanya, atau dilakukan berturutan, atau secara acak.
Orang yang melakukan satu kebaikan akan mendapatkan sepuluh kebaikan yang semisal. Puasa ramadhan adalah selama sebulan berarti akan semisal dengan puasa 10 bulan. Puasa syawal adalah enam hari berarti akan semisal dengan 60 hari yang sama dengan 2 bulan. Oleh karena itu, seseorang yang berpuasa ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan syawal akan mendapatkan puasa seperti setahun penu

Puasa Ayyamul Bidh (Puasa putih)
Ayyamul bidh bisa diartikan 'hari-hari putih'. Karena itulah ibadah sunnah yang satu ini juga dikenal dengan nama puasa putih. Harap dibedakan dengan puasa mutih yang dijalankan sebagai bagian dari tradisi di Jawa.
Puasa ayyamul bidh dijalankan selama tiga hari, yaitu tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan Qamariyyah dalam kalender Hijriah. Walaupun begitu, puasa ayyamul bidh memiliki keutamaan yang lebih besar jika dilakukan di bulan-bulan tertentu seperti Syawal yang disebut bulan baik.
Keutamaan menjalankan ibadah puasa ayyamul bidh selama tiga hari akan mendapatkan ganjaran pahala yang sama dengan puasa selama sebulan. Jika dilakukan setiap bulan, maka dianggap sama dengan menjalankan ibadah puasa selama setahun.

Puasa Daud
 Puasa daud adalah salah satu jenis puasa sunah. Tata cara pelaksanaan puasa ini adalah dengan berselang-seling hari, satu hari puasa, dan hari berikutnya tidak. Disebut Puasa Daud karena puasa ini merupakan puasanya Nabi Daud ‘alaihis salam. Untuk umat Nabi Muhammad, puasa ini hukumnya sunnah. Dibandingkan puasa sunnah lainnya, Puasa Daud lebih disukai Allah SWT. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW.
Artinya : “Puasa yang paling disukai oleh Allah adalah puasa Nabi Daud. Ia berpuasa satu hari lalu berbuka satu hari. Dan sholat yang paling disukai oleh Allah adalah sholat Nabi Daud. Ia tidur seperdua malam, bangun sepertiganya, lalu tidur seperenamnya”. (HR. Bukhari)
Dari aspek kesehatan tubuh, manfaat puasa Daud untuk kesehatan dari diri manusia adalah mencegah sering sakit. Dengan puasa yang berselang sehari, kondisi tubuh menjadi sehat terutama pada saluran pencernaan. Selain itu, puasa ini membantu proses detoksifikasi dalam tubuh manusia.


12 comments:

nur hadi said...

Dibaca materinya sampai selesai

Unknown said...

Bagus ada pemahaman dan banyak penjelasan atau pengertian puasa

nur hadi said...

Secara hukum fikih puasa sunah bersifat anjuran

nur hadi said...

CONTOH KOMENTAR
Pak HADI : Keutamaan puasa senin kamis karena Hari senin dan kamis adalah hari dimana Rasulullah dilahirkan, hari diutus, dan dihari itu wahyu diturunkan. Sedangkan pada hari kamis semua amal ibadah umat manusia dikumpulkan dihadapan Allah oleh para malaikat.

Unknown said...

Tentang jenis puasa ini lengkap

Unknown said...

Nama:Dewi Setyaningrum. Keutamaan puasa sunah. Puasa sunah yg disebut tathawwu'.secara hukum fikih puasa sunah bersifat anjuran .ada beberapa puasa sunah antara lain :puasa Senin Kamis ,merupakan dua nama hari dlm kalender Hijriyah dan Masehi,hari itu dimana lahirnya Rasulullah,hari diutus ,dan Wahyu diturunkan.sedangkan pada hari Kamis semua amalan ibadah umat manusia dikumpulkan dihadapan Allah. Puasa Arafah adl hari keseimbangan dari bulan Dzulhijjah puasa Arafah dpt menghapus dosa selama dua tahun. Puasa Asyura yg artinya kesepuluh dibulan Muharram keutamaan dpt menghapus dosa setahun yg lalu. Puasa Syawal adl berpuasa 6 hari dibulan Syawal orang yg melakukan akan mendapatkan 10 kebaikan . Puasa putih dijalankan selama 3 hari yaitu tgl 13,14,15 setiap bulan qamariyyah dlm kalender hijriah keutamaan mendapatkan ganjaran pahala yg sama dengan puasa selama sebulan. Puasa Daud dilakukan secara berselang-seling manfaat kesehatan dari diri manusia mencegah sering sakit.

Unknown said...

Nama: Laily Ramadhani A.I
Keutamaan puasa sunah.
-Puasa senin kamis
adalah hari dimana Rasulullah dilahirkan, diutus, diturunkannya wahyu. Dan hari kamis semua amal ibadah manusia dikumpulkan dihadapan Allah oleh para malaikat.
-Puasa Arafah
adalah puasa yang dilakukan hari ke9 dari bulan dzulhijjah,puasa ini sangat dianjurkan bagi umat muslim yang tidak pergi haji dan tidak boleh dikerjakan bagi yg menunaikan haji. Puasa ini dapat menghapus dosa selama 2 tahun.
-Puasa Asyura
adalah puasa yang dilakukan pada 10 Muharram. Puasa ini akan menghapus dosa setahun yang lalu.
-Puasa Syawal
adalah puasa 6 hari dibulan syawal, puasa ini tidak disyaratkan dilakukan berturut-turut. Puasa ini akan mendapat pahala sebagaimana orang yg berpuasa selama 1thn
-Puasa Ayyamul Bidh (puasa putih)
puasa ini dijalankan selama 3 hari yaitu tanggal 13,14,15 setiap bulan Qamariyyah, puasa ini mendapat ganjaran yg sama dgn puasa selama sebulan.
-Puasa Daud
dilakukan secara berselang-seling, keutamaan puasa ini yang disukai Allah dan dapat mencegah sering sakit.

Anonymous said...

Nama:Idonea

-Puasa Asyura
adalah puasa yang dilakukan pada 10 Muharram. Puasa ini akan menghapus dosa setahun yang lalu.

Itu yg gw suka

Unknown said...

Firda - puasa sunnah adalah salah satu bagian ibadah sunnah yg dilakukan untuk mendapatkan cinta atau kasih sayang Allah Swt

Macam macam puasa sunnah:
-senin kamis
-arafah
-asyura
-syawal
-ayyamul bidh
-puasa daud

Unknown said...

Firda - puasa sunnah adalah salah satu bagian ibadah sunnah yg dilakukan untuk mendapatkan cinta atau kasih sayang Allah Swt

Macam macam puasa sunnah:
-senin kamis
-arafah
-asyura
-syawal
-ayyamul bidh
-puasa daud

Unknown said...

Nama : Caraka Rizki Mahardika
Dalam ajaran agama islam terdapat beberapa jenis puasa sunnah, yaitu:

Puasa Senin Kamis
Mengapa Puasa Sunnah senin kamis sangat dianjurkan oleh Baginda Rasul?

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda,

“Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi)

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan,

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari senin dan kamis.” (HR. An Nasai)

Selain itu, dalam sebuah hadist, Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam juga bersabda:

“Hari itu adalah hari di mana aku dilahirkan, dan di mana aku dijadikan Rasul dan diturunkannya padaku wahyu.” (H.R. Muslim)

Puasa Arafah
Puasa Arafah adalah puasa sunnah yang dikerjakan pada hari kesembilan bulan Dzulhijjah bagi mereka yang tidak melaksanakan ibadah haji.

Dalam sebuah hadist Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalah telah bersabda yang artinya,

“Tiada amal yang soleh yang dilakukan pada hari-hari lain yang lebih disukai daripada hari-hari ini (sepuluh hari pertama dalam bln Dzulhijjah).” (HR al-Bukhari).

Keutamaan dari Puasa Sunnah Arafah

Menghapuskan dosa selama dua tahun yakni satu tahun sebelumnya dan satu tahun ke depan. Sebagaimana hadist Rasulullah Solallahu Alaihi Wassalam yang artinya:
“Rasulullah SAW pernah ditanya tentang puasa hari Arafah, beliau menjawab, “Puasa itu menghapus dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun berikutnya.” (HR. Muslim)

Dapat membebaskan kita dari siksa api neraka, sebagaimana pernyataan yang dikeluarkan oleh sebagian besar ulama yang menyatakan bahwa Allah memberikan kebebasan dari siksa api neraka di hari arafah bukan hanya bagi jamaah haji yang sedang melaksanakan wukuf di padang Arafah, melainkan juga terhadap kaum muslimin yang sedang tidak berhaji.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda yang artinya:

“Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arofah. Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada para malaikat. Kemudian Allah berfirman: Apa yang diinginkan oleh mereka?” (HR. Muslim)

Dikabulkannya Do’a, seperti hadist Nabi Sholallahu Alaihi Wassalam yang artinya:
“Sebaik-baik do’a adalah do’a pada hari Arafah. Dan sebaik-baik yang kuucapkan, begitu pula diucapkan oleh para Nabi sebelumku adalah ucapan “Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qadiir (Tidak ada Ilah kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. MilikNyalah segala kerajaan dan segala pujian, Allah Maha Menguasai segala sesuatu).” (HR. Tirmidzi, hasan)

Unknown said...

puasa tathawwu' adalah menurut ajaran Islam merupakan salah satu bagian ibadah sunnah yang dilakukan untuk mendapatkan cinta atau kasih sayang Allah SWT.

Organisasi Otonom Muhammadiyah

  MATERI 1  Organisasi Otonom Muhammadiyah Organisasi otonom Muhammadiyah terdiri dari 7 bagian, yakni Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Nasyia...