Tuesday, October 6, 2020

ASMAUL HUSNA: AL AZIZ DAN AS SALAM

 

ASMAUL HUSNA: AL AZIZ DAN AS SALAM


MATERI 1

Pengertian Asmaul Husna

    Asmaulhusna (bahasa Arab: الأسماء الحسنى,) adalah nama-nama Allah,, yang indah dan baik. Asma berarti nama (penyebutan) dan husna berarti yang baik atau yang indah, jadi asmaulhusna adalah nama nama milik Allah yang baik lagi indah.

    Sejak dulu para ulama telah banyak membahas dan menafsirkan nama-nama ini, karena nama-nama Allah adalah alamat kepada zat yang mesti kita ibadahi dengan sebenarnya. Meskipun timbul perbedaan pendapat tentang arti, makna, dan penafsirannya, akan tetapi yang jelas adalah kita tidak boleh musyrik dalam mempergunakan atau menyebut nama-nama Allah.

Allah memiiki 99 asmaul husna yang dapat digunakan muslim ketika berdoa kepada Allah. Dalam pembelajaran ini kita fokuskan 2 asmaul husna 

Al Aziz


Al-Aziz (Arab: العزيز, Al-ʿAzīz) merupakan kata dalam bahasa Arab berakar dari huruf A-Z-Z yang berarti 'Sangat Kuat', 'Kuat', atau 'Terhormat'. Apabila dikIaitkan dengan Allah maka berarti Yang Maha Mengalahkan siapapun yang melawan-Nya dan yang tidak terkalahkan.

Imam Ghazali memberi 3 syarat bagi penyangdang al Aziz, diantaranya

  1. Perannya sangat penting dan hanya sedikit yang menjalankan
  2. Keberadaannya sangat dibutuhkan
  3. Sulit untuk diraih atau disentuh

Secara singkat aziz mencakup 3 makna Pertama: tidak ada yang menyamainya, atau sangat sedidik yagn bisa menyamainya. kedua: kebutuhan yang sangat kepadanya. yang ketiga: tidak mudah untuk mencapainya.

As Salam


As Salaam (Arab: السلام); Yang Memiliki Mutlak sifat Kesejahteraan. Keselamatan ini adalah sesuatu yang dimiliki oleh Allah yang sangat dibutuhkan oleh segenap makhluk-Nya. Sifat ini terutama sangat dibutuhkan agar dapat terhindar dari azab, siksa, malapetaka dan kerugian.

Adanya pemahaman bahwa selamat dari keadaan untuk mengharapkan imbalan dan adanya maksud kepada yang diberi, hal ini memperkuat sendi-sendi keikhlasan dalam beribadah. Bila dikatakan kita selamat dari selalu tergantung kepada mahluk maka akan sempurnalah pemahaman tawakal kepada Allah ta'ala semata.


Dalil Naqli : Asmaul Husna Al Aziz dan As Salam

Asmaul Husna Al Aziz

Quran Surat Ali ‘Imran Ayat 18

 شَهِدَ ٱللَّهُ أَنَّهُۥ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ وَٱلْمَلَٰٓئِكَةُ وَأُو۟لُوا۟ ٱلْعِلْمِ قَآئِمًۢا بِٱلْقِسْطِ ۚ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْحَكِيمُ 

Terjemah Arti: 

Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana” (Ali ‘Imran Ayat 18)

Ayat diatas menjelaskan bahwa Allah bersaksi bahwasanya tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Dia, tidak ada yang lain. Hal itu didasarkan pada ayat-ayat syar'iyah dan ayat-ayat kauniyah yang menunjukkan ketuhanan-Nya. Kesaksian itu juga diberikan oleh para Malaikat. Dan kesaksian itu juga diberikan oleh orang-orang yang berilmu dengan cara memberikan penjelasan tentang keesaan Allah (Tauhid) dan menyerukannya kepada masyarakat.

Asmaul Husna As Salam

 سَلَٰمٌ قَوْلًا مِّن رَّبٍّ رَّحِيمٍ

Terjemah Arti: “(Kepada mereka dikatakan): "Salam", sebagai ucapan selamat dari Tuhan Yang Maha Penyayang” (Yasin Ayat 58)

Ayat diatas menceritakan tentang yang akan dialami oleh penghuni surga kelak dihari kiamat. Lebih dari itu mereka semuanya mendapatkan salam (keselamatan) dari Rabb mereka yang Maha Penyayang. Bila Rabb mereka memberi mereka salam, maka mereka mendapatkan segala bentuk keselamatan dari segala sisi, mereka mendapatkan penghormatan yang tidak ada penghormatan yang melebihinya.


MATERI 2

Contoh Perilaku Meneladani Asmaul Husna Al Aziz dan As Salam

    Asma’ul husna al-‘Aziz dapat diteladani dengan cara memiliki sikap tegar dalam menghadapi segala masalah. Tegar dalam menuntut ilmu, menjalankan perintah-Nya, menjauhi larangan-Nya, dan menghadapi musibah yang datang.

    Orang yang menghayati sifat al aziz senantiasa menjaga dirinya dari ketergantungan kepada siapapun. Orang tersebut senantiasa mengedepankan integritasnya, selalu tampil wibawah, disegani, dan dihormati oleh setiap orang yang dikenalnya. Dia tidak pernah merendahkan orang lain dalam hal harta didunia.

Asma’ul husna As Salam artinya yang Maha memberi keselamatan. Cara meneladani As-Salam adalah dengan cara Menebarkan salam, mengikat silaturahmi terhadap sesama Umat Islam dan saling mencintai. Meneladani sifat as salam diantaranya dengan membantu orang secara ikhlas, Menebarkan Salam dan Senyum, Tidak Mencela atau Menghina Orang, kita tidak boleh saling memanggil orang dengan julukan yang buruk dan mengandung celaan.

Hikmah Meyakini Asmaul Husna

Al Aziz

    Al Aziz memberikan hikmah bagi manusia. Memelihara kehormatan diri dengan tidak meminta-minta kepada orang lain adalah kehormatan dan kemuliaan. Menggunakan kelebihan diri untuk memberikan manfaat bagi orang lain.

As Salam

    As Salam mengandung hikmah bahwa manusia diciptakan untuk hidup bersama orang lain. Oleh karena itu, hubungan yang dibangun hendaknya bisa menimbulkan iklim yang menghadirkan kedamaian dan kesejahteraan. Misal bersikap baik kepada tetangga dan teman. Manfaat bagi kehidupan manusia dari sifat as salam yakni memberikan keselamatan bagi keluarga, tetangga, lingkungan dan seluruh umat manusia.

    Sifat as salam ini terutama sangat dibutuhkan agar dapat terhindar dari azab, siksa, malapetaka dan kerugian. Adanya pemahaman bahwa selamat dari keadaan untuk mengharapkan imbalan dan adanya maksud kepada yang diberi, hal ini memperkuat sendi-sendi keikhlasan dalam beribadah. Bila dikatakan kita selamat dari selalu tergantung kepada mahluk maka akan sempurnalah pemahaman tawakal kepada Allah ta'ala semata.


MATERI 3

Contoh Meneladani Asmaul Husna Al Aziz dan As Salam

Al-aziz (yang mengalahkan)

"nabi muhammad tidak terkalahkan meskipun banyak kaum yang menantang beliau pada zamannya dan mencoba menggagalkan usahanya untuk menyebarkan agama islam"

Perilaku cinta ilmu

Perilaku rendah hati

Perilaku mandiri

Berkeyakinan bahwa Allah SWT maha perkasa


Cara meneladani asmaul husna as-salam

As-Salam artinya yang Maha memberi keselamatan

Cara meneladani As-Salam adalah dengan cara Menebarkan salam, mengikat silaturahmi terhadap sesama Umat Islam dan saling mencintai.

mengikat silaturahmi terhadap umat islam

saling mencintai

menebarkan salam.



No comments:

Organisasi Otonom Muhammadiyah

  MATERI 1  Organisasi Otonom Muhammadiyah Organisasi otonom Muhammadiyah terdiri dari 7 bagian, yakni Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Nasyia...